Minggu, 30 Juni 2013

Aplikasi Animal Sound

Aplikasi Animal Sound

Pada aplikasi ini, memiliki 3 tombol yang mewakili 3 ekor hewan, yaitu Anjing, Kucing dan Burung Hantu. Pada Saat salah satu tombol kita tekan, maka akan menampilkan  gambar hewan tersebut dan juga suara hewan itu. Berikut Tampilan Aplikasinya :

Screenshot_2013-05-01-13-34-20
- Langkah pertama adalah browser app inventor anda, pilihlah my project kemudian klik New untuk membuat project baru.
- Kemudian masukan nama project dari aplikasi yang kita buat dalam hal ini adalah Animal Sound, lalu klik tombol OK.
- Lalu anda akan melihat  lembar kerja project yang akan di buat.
   Adapun Components yang di butuhkan untuk membuat aplikasi ini adalah :
  1. VerticalArrangement, Palette – Screen Arrangement – VerticalArrangement lalu Drag VerticalArrangement kedalam Screen. Ubah Widht kedalam fill paren dan Height 350 pixels
  2. Image, Palette – Basic – Image, Drag kedalam VerticalArrangement dalam screen.
  3. Label, Palette – Basic – Label, Drag label di bawah VerticalArrangement dalam Screen. Beri nama Label tersebut.
  4. HorizontalArrangment, Palette – Screen Arrangment – HorizontalArrangment lalu drag kedalam screen dibawah label ubah Width ke dalam fill parent.
  5. Button, Palette – Basic – Button, Drag 3 buah Button kedalam HorizontalArrangment. Ubah text Alignment menjadi center lalu menjadi fill parent. lakukan kepada 2 buah button selanjutnya.
  6. Player, Palette – Media – Player, Drag Player kedalam screen.
Untuk membuat aplikasi di atas membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :
  • Gambar Anjing.png
  • Gambar Kucing.png
  • Gambar Burung Hantu.png
  • Suara Anjing.wav
  • Suara Kucing.wav
  • Suara Burung Hantu.wav
Dan upload file satu per satu pada bagian Media. Upload New.
Sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini :
screen
Setelah Selesai merancang pilih open the block editor, Di dalam Block Editor, pilih bagian My Block, akan menampikan semua komponen-komponen yang telah kita gunakan sebelumnya di perancangan. Setiap komponen-komponen tersebut akan memiliki event yang menentukan apa yang akan dilakukan komponen tersebut.
Pilihlah button 1 dari tab My Blocks, kemudian drag Button1.Click event ke dalam block editor space seperti di bawah ini :
editor 1
Kemudian pilih image1, lalu pilih eventnya image1.picture, Drag even tersebut kedalam button1.click
editor 2
Kemudian, untuk memasukkan objek file gambar (Kucing.png) yang sudah kita upload sebelumnya, kita membutuhkan komponen text. Pada tab Built-In, pilih Text, lalu drag ke bagian kanan dari Image1.Picture sampai kedua objek tersebut bersambungan. Kemudian gantilah tulisan text dengan nama file dari gambar yang akan kita tampilkan, dalam hal ini adalah kucing.Png. Perlu diperhatikan bahwa nama file yang kita tuliskan harus betul-betul sama dengan nama file yang akan kita tampilkan atau yang di upload sebelumnya.
editor 3
Kembali ke tab My Block, pilihlah Player1, lalu letakkan Player1.Source di bawah dari Image1.Picture
editor 4
Selanjutnya, dari tab Built-In, pilih Text dan letakkan di samping kanan dari Player1.Source. Ganti tulisan text dengan nama file dari suara hewan yang akan dibunyikan, yaitu kucing.wav
editor 5
Kembali ke tab My Block, pilih kembali Player1, dan masukkan event Player1.Start di bagian bawah dari Player1.Source
editor 6
Lakukanlah hal yang sama untuk Button2 dan Button3, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah:
editor 7
Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut melalui emulator atau langsung memakai handphone kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar