Kamis, 20 Juni 2013

APA ITU WAP ?

Definisi: WAP  
Ada beberapa definisi singkatan WAP antara lain :
(1) (Wireless Access Point)
(2) (Wired Access Point)
(3) (Wireless Application Protocol


Definisi Wireless Acces Point

Adalah Sebuah base station dalam LAN nirkabel. Meskipun ada teknologi nirkabel lainnya yang menggunakan jalur akses, istilah umumnya mengacu ke jaringan Wi-Fi. Titik akses adalah perangkat yang berdiri sendiri yang plug ke Ethernet switch atau hub, namun fungsi akses point juga dibangun ke router (lihat router nirkabel).

Jika lebih dari satu jalur akses digunakan, seperti sistem telepon selular, pengguna dapat menjelajah dengan perangkat mobile mereka dan diserahkan dari satu sel ke sel lainnya. Lihat jalur akses virtual dan LAN nirkabel.

 Access Points mirip dengan menara ponsel, tetapi mengirimkan jarak pendek. Cakupan mereka berkisar dari sesedikit 50 meter dengan diameter untuk sejauh 1.000 kaki dengan amplifikasi. Mobile pengguna secara otomatis diserahkan dari satu jalur akses ke mereka bercabang

contoh penggunaan Wireles Acces Point



















 Access Point 802.11 Pertama
  InTalk WR1200 adalah device acces point pertama yg sesuai standar IEEE 802.11.di perkenalkan tahun 1998, alat tersebut bisa mencapai transfer rate maxsimum 2 Mbps.  
Add caption







  



WIRED ACCES POINT
Sebuah base station yang menghubungkan sistem nirkabel ke sistem berbasis kabel. Singkatan "WAP" kadang-kadang digunakan, tetapi WAP lebih banyak digunakan untuk berarti Wireless Application Protocol

 (Wireless Application Protocol
 Adalah  Sebuah standar untuk menyediakan ponsel, pager dan handheld lainnya dengan akses yang aman ke e-mail dan halaman web berbasis teks. Diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Phone.com, Ericsson, Motorola dan Nokia, WAP menyediakan lingkungan untuk aplikasi nirkabel yang mencakup versi nirkabel dari TCP / IP dan kerangka kerja untuk integrasi telepon seperti kontrol panggilan dan akses buku telepon. Mendukung keypad dan pengenalan suara, WAP independen dari antarmuka udara dan berjalan di atas semua jaringan nirkabel utama. Hal ini juga perangkat independen dan dapat digunakan dalam perangkat mobile.

WML, WMLScript dan XHTML
WAP memperkenalkan Wireless Markup Language (WML), versi streamline dari HTML, dan WMLScript, bentuk yang kompak dari JavaScript yang berjalan di memori terbatas. WML kemudian berkembang menjadi versi mobile XHTML, yang, bersama dengan semua protokol WAP, diatur oleh Open Mobile Alliance, penerus Forum WAP (lihat OMA).

WAP dan SMS = MMS
Multimedia sistem pesan (MMS) menggunakan kedua pesan teks SMS dan protokol WAP untuk mengirimkan grafis, audio dan video ke ponsel (lihat MMS). Lihat WTLS, XHTML, HDML, Openwave dan i-Mode.


Sebuah Gateway WAP
Diagram ini menggambarkan Openwave ini Mobile Access Gateway yang mengkode dan menerjemahkan halaman WAP antara microbrowser di smartphone dan server Web.



 Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan laman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xml dan gambar. WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooth dan GPRS. WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Teknologi ini merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka dan berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan nirkabel. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 1,6 kbps.


Keterbatasan Perangkat WAP

  1. Kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer.
  2. Keterbatasan ukuran memori
  3. Penghematan penggunaan daya (power) yang biasanya menggunakan batere
  4. Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
  5. Input device yang berbeda dengan device biasa
Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat nirkabel yang memiliki keterbatasan seperti di atas.

Contoh Penggunaan WAP

  • Informasi jadwal keberangkatan penerbangan
  • Transaksi pembelian tiket
  • Pendaftaran keberangkatan pesawat
  • Informasi lalu lintas
  • Daftar informasi kondisi cuaca
  • Informasi nilai stok
  • Mencari informasi nomor telepon atau alamat
  • Informasi artis atau selebriti
mencari informasi sari dunia maya
  • Penge-hackan
CARA KERJA WAP
Cara Kerja WAP
Saat sebuah handheld mobile device tersambungkan ke jaringan wireless dan meminta akses sebuah site web yang mendukung WAP, handheld mobile device anda akan mengirimkan permintaan tersebut via gelombang radio ke sel terdekat, dimana langsung dirutekan ke internet melalui sebuah server gateway. Server gateway tersebut akan menerjemahkan permintaan ke format standar HTTP dan meneruskannya ke site web. Bila site tersebut meresponsnya, ia akan mengirimkan dokumen HTML ke server gateway, kemudian dikonversi menjadi WML dan merutekannya ke antena terdekat. Antena tersebut akan mengirimkan data via gelombang ke piranti WAP anda dan akhirnya microbrowser –aplikasi kecil yang dibuat didalam wireless device sebagai navigator yang menyediakan interface antara user dan wireless internet- menampilkan halaman tersebut.

*Cara kerja wap
Proses yang terjadi antara gateway dan client WAP tergantung pada fitur dari beberapa bagian WAP protocol stack.



*WAP protocol stack
  • WAE – The Wireless Application Environment, merupakan stack developer dimana WML dan WML script termasuk didalamnya.
  • WSP – The Wireless Session Protocol, menentukan apakah sesi antara handheld mobile device dan jaringan adalah connection- oriented atau connectionless. Dengan kata lain WSP menentukan apakah handheld mobile device perlu berhubungan bolak balik ke jaringan selama sesi berlangsung. Pada sesi connection-oriented, transfer data berlangsung dua arah antara handheld mobile device dan jaringan, WSP kemudian mengirimkan paket ke layer WTP. Sesi connectionless umum digunakan ketika transfer data berlangsung satu arah dari jaringan ke handheld mobile device. Pada sesi connectionless WSP mengarahkan paket ke WDP.
  • WTP – The Wireless Transaction Protocol berperan sebagai pengatur arus, menjaga arus data berjalan dengan baik dan lancar. Layer WSP dan WTP berhubungan dengan The WSP and WTP layers serupa dengan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dalam protocol suite TCP/IP
  • WTLS – Wireless Transport Layer Security menyediakan fitur keamanan yang serupa dengan Transport Layer Security (TLS) di TCP/IP. WTLS memeriksa integritas data, melakukan enkripsi dan melakukan otentikasi antara client dan server.
  • WDP – The Wireless Datagram Protocol bekerja bersama dengan Network Carrier layer untuk memudahkan pengadaptasian WAP ke berbagai bearer
  • Network carriers – disebut juga bearers, adalah teknologi-teknologi yang digunakan oleh provider wireless.
 source :http://id.wikipedia.org/wiki/Wireless_Application_Protocol

1 komentar:

PAKAIAN.TOP mengatakan...

Assalamu'alaikum, artikelnya lengkap dan mudah dimengerti, salam ukhuwah.. ^_^
Sekalian mau ngasih tau ukhti kalo di Toko Busana Muslimah Online Banyak Banget Jilbab Cantik Murah, Kerudung, Hijab, Abaya, Turban, Shawl, Gamis, Mukena, Sejadah, Selendang, Aksesoris, DLL

Terima kasih..

Posting Komentar