Secara Garis Besar ada lima jenis komponen yang di butuhkan untuk membangun sebuah aplikasi android.komponen ini tergabung dalam sebuah istilah ANDROID SDK,yang menyediakan beberapa metode dalam pembangunan aplikasi yang berbeda.
Lima Komponen yang tadi kita bahas adalah
- Activities
- Services
- Content Providers
- Broadcast Receivers
- Intents
Mari kita bahas satu per satu ..
1.ACTIVITIES adalah layar antarmuka pengguna individu dalam sebuah aplikasi Android di mana elemen-elemen visual yang disebut Views (juga dikenal sebagai widget) dapat ditempatkan dan pengguna dapat melakukan berbagai tindakan dengan berinteraksi dengan itu. Perhatikan gambar. Seluruh jendela memberikan pengguna sebuah antarmuka untuk berinteraksi dengan dan karena layar ini lengkap membuat aktivitas. Kontrol ditempatkan di antar muka memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu dan disebut Views atau Widget. Dalam contoh ini, ada lima widget, mereka - TextView, EditText AnalogClock dan dua Buttons. Widget dalam sebuah Kegiatan dapat dibuat dengan dua cara yang berbeda, dengan kode java murni dan dengan menambahkan kode XML untuk mendefinisikan UI. Yang terakhir selalu disukai. Sebuah aplikasi dapat memiliki lebih dari satu dan masing-masing Kegiatan Kegiatan beroperasi secara independen, tetapi bisa dihubungkan satu sama lain dan masing-masing Kegiatan yang Anda buat harus didefinisikan dalam file manifest aplikasi Anda. Setiap Kegiatan di android akan subclass dari kelas Kegiatan didefinisikan dalam Android SDK.
Contoh gambar Sebuah Activities
2.SERVICES adalah komponen aplikasi Android yang berjalan di latar belakang dan tidak memiliki UI visual. Layanan yang digunakan untuk melakukan pengolahan bagian dari aplikasi Anda di latar belakang. Sementara pengguna bekerja di latar depan UI, layanan dapat digunakan untuk menangani proses-proses yang perlu dilakukan di latar belakang. Sebuah layanan dapat dimulai dengan lain komponen aplikasi Android seperti kegiatan atau layanan lain dan itu akan terus berjalan di latar belakang bahkan setelah pengguna beralih ke aplikasi lain. Dengan demikian layanan cenderung dihancurkan oleh sistem Android ke sumber daya gratis, dari Aktivitas.Salah satu contoh khas untuk penggunaan layanan adalah aplikasi pemutar musik. Kita dapat menggunakan suatu kegiatan untuk memilih trek musik dari kartu SD dan memainkannya. Ketika mulai diputar, pengguna dapat membuka aplikasi lain dan memainkan musik di latar belakang. Hal ini dapat dimungkinkan hanya dengan menggunakan layanan Android. Kegiatan yang memilih jalur musik sebenarnya memanggil layanan yang bekerja di latar belakang. Maka akan terus bermain di latar belakang bahkan setelah aktivitas frontend akan hancur. Setiap saat pengguna dapat kembali ke aktivitas dan menggunakan bar seek untuk mencari lagu, pilih lagu yang lain, atau pemutaran akhir. Ini berarti bahwa layanan dan Kegiatan yang dipanggil layanan yang tidak benar-benar independen, bukan Kegiatan mampu sepenuhnya mengendalikan Layanan. Contoh lain untuk layanan adalah download file dari internet. Ini harus berjalan di latar belakang dan melanjutkan download bahkan setelah kita beralih ke aplikasi lain.Semua layanan Android diimplementasikan sebagai subclass kelas didefinisikan dalam Layanan Android SDK. Ada dua jenis layanan di Android.Mereka adalah:Layanan UnboundIts jenis layanan yang tidak dibatasi untuk setiap komponen. Setelah dimulai, itu akan berjalan di latar belakang bahkan setelah komponen yang dimulai layanan terbunuh. Hal ini dapat berjalan di latar belakang tanpa batas waktu dan harus berhenti dengan sendirinya setelah operasi yang dimaksudkan untuk melaksanakan selesai.Layanan BoundYang terikat dengan komponen lain dan hanya berjalan sampai komponen yang dibatasi berjalan.
3.CONTENT PROVIDER adalah Penyedia konten di Android yang menyediakan cara yang fleksibel untuk membuat data yang tersedia di seluruh aplikasi. Misalkan Anda membuat semua jenis data dalam aplikasi Anda (misalnya menganggap Anda membuat daftar yang harus dilakukan dalam aplikasi Anda, maka daftar hal-hal adalah data) dan Anda menyimpannya pada setiap lokasi penyimpanan, mungkin dalam data base, sistem file atau dalam ruang penyimpanan online. Kemudian melalui penyedia konten aplikasi lain dapat query, akses atau bahkan memodifikasi data yang Anda buat, selama penyedia konten Anda memungkinkan. Dalam cara yang sama Anda dapat mengakses data yang utilitas lain telah dibuat, dengan menggunakan penyedia konten. Contoh penyedia konten di Android adalah database kontak. Penyedia Konten database kontak memungkinkan aplikasi lain untuk query, membaca, memodifikasi, dan menulis info kontak. Android datang dengan beberapa built lain Penyedia konten yang dapat kita gunakan dalam aplikasi kita. Semua penyedia konten diimplementasikan sebagai subclass dari kelas ContentProvider yang didefinisikan dalam Android SDK.
4.BROADCAST RECEIVERS adalah salah satu komponen aplikasi Android yang digunakan untuk menerima pesan yang disiarkan oleh sistem Android atau aplikasi Android lainnya. Ada banyak system pemberitahuan yang diprakarsai oleh sistem Android itu sendiri dan aplikasi lainnya dapat menerima dengan menggunakan receiver Broadcast. Contoh siaran diprakarsai oleh sistem tersebut adalah:
1. Peringatan bahwa baterai semakin rendah
2. Layar dimatikan
3. Perubahan zona waktu
4. Kamera telah digunakan untuk mengambil gambar
Sementara pemrograman, kita dapat menggunakan penerima Broadcast untuk menerima pesan-pesan disiarkan dan berperilaku sesuai. Aplikasi juga dapat melakukan siaran. Kita dapat memulai banyak siaran seperti yang kita inginkan dan tidak ada batas untuk itu.
5.INTENT Sebenarnya intent tidak masuk kedalam salah satu komponen aplikasi Android, tetapi itu adalah mekanisme untuk mengaktifkan komponen dalam Android. Ini merupakan sistem pesan inti di Android dan mendefinisikan pesan untuk mengaktifkan komponen tertentu. Misalnya, jika Anda ingin memanggil aktivitas baru dari kegiatan Anda saat ini, Anda menjalankan intent dengan maksud menjalankan aktivitas baru. Dan jika Anda ingin memulai aplikasi lain dari aktivitas Anda, maka Anda juga perlu mengaktifkan intent.Yaitu dengan membuat sebuah perintah, ke system android untuk membuat sesuatu terjadi.
Ada dua jenis intent di Android:
Intent Eksplisit:
Dalam Intent eksplisit, kita sangat spesifik. Kami menentukan kegiatan mana yang aktif dalam menerima intent, Ini biasanya digunakan untuk komunikasi internal aplikasi.
Intent Implisit:
Dalam Intent implisit kita mengirimkan pesan ke sistem Android untuk menemukan Kegiatan cocok yang dapat merespon maksud kita. Misalnya, untuk mengirim e-mail, kita dapat menggunakan intent. Kami juga akan menentukan data yang akan dioperasikan. Pada menerima Intent, sistem Android akan memanggil sebuah Kegiatan yang mampu mengirim pesan e-mail dengan data yang kita ditentukan. Jika ada lebih dari satu kegiatan yang mampu menerima Intent, sistem menyajikan pemilih kepada pengguna sehingga ia dapat memilih Kegiatan / Aplikasi harus menanganinya
1 komentar:
pasti pusing belajar android ya aga enek enek gitu hahaha
Posting Komentar